Senin, 16 Mei 2011

PRINSIP ± PRINSIP DALAM MANAJEMEN KELAS³

Secara umum faktor yag mempengaruhi manajemen kelas dibagi menjadi duagolongan yaitu, faktor intern dan faktor ekstern siswa´ (Djamarah 2006:184).
Faktor intern siswa berhubungan dengan masalah emosi, pikiran, dan perilaku. Kepribadiansiswa dengan ciri ± ciri khasnya masing ± masing menyebabkan siswa berbeda darisiswa lainnya seara individual. Perbedaan secara individual ini dilihat dari segi aspekyaitu perbedaan biologis, intelektual, dan psikologis.
Faktor ekstern siswa terkait dengan masalah suasana lingkungan belajar, penempatansiswa, pengelompokan siswa, jumlah siswa, dan sebagainya. Masalah jumlah siswa dikelas akan mewarnai dinamika kelas. Semakin banyak jumlah siswa di kelas misalnya dua puluh orang ke atas akan cenderung lebih mudah terjadi konflik. Sebaliknyasemakin sedikit jumlah siswa di kelas cenderung lebih kecil terjadi konflik.
Djamarah (2006:185) menyebutkan ³dalam rangka memperkecil masalah gangguandalam pengelolaan kelas dapat dipergunakan´. Prinsip ± prinsip pengelolaan kelas yangdikemukakan oleh Djamarah adalah sebagai berikut :
1. Hangat dan Antusias.
Hangat dan antusias diperlukan dalam proses belajar mengajar. Guru yang hangatdan akrab pada anak didik selalu menunjukkan antusias pada tugasnya atau padaaktifitasnya akan berhasil dalam mengimplementasikan pengelolaan kelas.
2. Tantangan
Penggunaan kata ± kata, tindakan, cara kerja, atau bahan ± bahan yang menantangakan meningkatan gairah siswa untuk belajar sehingga mengurangi kemungkinanmunculnya tingkah laku yang menyimpang.
3. Bervariasi
Penggunaan alat ± alat atau media, gaya mengajar guru, pola interaksi antara gurudan anak didik akan mengurangi munculnya gagguan, meningkatkan perhatiansiswa. Kevariasian ini merupakan kunci untuk tercapainya pengelolaan kelas yangefektif dan menghindari kejenuhan.
4. Keluwesan
Keluwesan tingkah laku guru untuk mengubah strategi mengajarnya dapatmencegah kemungkinan munculnya gangguan siswa serta menciptakan iklimbelajar mengajar yang efektif. Keluwesan pengajaran dapat mencegah munculnyagangguan seperti keributan siswa, tidak ada perhatian, tidak mengerjakan tugas,dan sebagainya.
5. Penekanan pada hal ± hal yang positif
Pada dasarnya dalam mengajar dan mendidik, guru harus menekankan pada hal ±hal yang positif dan menghindari pemusatan perhatian pada hal ± hal yang negatif.
Penekanan pada hal ± hal yang positif yaitu penekanan yang dilakukan guruterhadap tingkah laku siswa yang positif dari pada memarahi siswa karena tingkahlakunya yang negatif. Penekanan tersebut dapat dilakukan dengan pemberianpenguatan yang positif dan kesadaran guru untuk menghindari kesalahan yangdapat mengganggu jalannya proses belajar mengajar. Penanaman disiplin diriTujuan akhir dari pengelolaan kelas adalah anak didik dapat mengembangkandisiplin diri sendiri da guru sendiri hendaknya menjadi teladan mengendalikan diridan pelaksanaan tenggug jawab. Jadi, guru harus disiplin dalam segala hal bilaingin anak didikya berdisiplin dalam segala hal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar